
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SMA Negeri 1 Patimuan
Kurikulum
Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta
didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Sebagai
bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka dikembangkan
sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi
esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Karakteristik
utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah:
1.
Pembelajaran berbasis
projek untuk pengembangan soft skills dan karakter
sesuai Profil Pelajar Pancasila.
2.
Fokus pada materi esensial
sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar
seperti literasi dan numerasi.
3.
Fleksibilitas bagi guru
untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan
peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
merupakan salah satu karakteristik kurikulum merdeka yang bertujuan untuk
menemukan jawaban atas pertanyaan tentang pelajar yang ingin dikembangkan oleh
sistem pendidikan Indonesia. Projek ini dilakukan dengan mengkarakterisasi
kepribadian pelajar berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan memperhatikan
beberapa faktor (baik internal maupun eksternal) yang dapat mempengaruhi.
Contoh faktor internal yang diperhitungkan adalah ideologi, contoh faktor
eksternal adalah tantangan era digital.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berupaya
menjadikan peserta didik penerus bangsa, unggul dan produktif serta dapat
berpartisipasi dalam pembangunan berkelanjutan global. Visi pendidikan Indonesia
adalah mewujudkan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berani melalui
penciptaan peserta didik yang berpancasila. Sementara Profil Pelajar Pancasila
mendukung visi tersebut dengan menjadikan Pelajar Indonesia sebagai pelajar
sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai
Pancasila.
Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tidak terikat pada prestasi akademik dan beberapa mata pelajaran. Projek ini bukan merupakan bagian dari struktur internal yang melibatkan berbagai program formal penempatan mata pelajaran bagi pelajar sehingga projek ini memiliki cakupan yang luas untuk dieksplorasi dalam hal cakupan materi pelajar, alokasi waktu, dan keselarasan tujuan pembelajaran.